Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 12:15 WIB

Progres Pembangunan Bandara Baru Yogya Dekati 10%

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Usman Hadi Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Manajer Proyek Pembangunan NYIA, Tauchid Purnomo Hadi, menjelaskan bahwa progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo baru 10 persen. Meski demikian, dia tetap optimis NYIA beroperasi April 2019.

"Progresnya sekarang hampir 10 persen ya. Tapi target (beroperasi) masih di April (2019). Kita juga masih masif terus, bertambah terus kegiatannya, sehingga target itu bisa insyaallah tercapai," ujarnya kepada wartawan di Hotel Tentrem, Rabu (14/11/2018).

"(Progres pembangunan baru 10 persen) di semua bagian ya, dari mulai terminal, gedung-gedung penunjang, runway. Semua bergerak bersamaan," lanjut Tauchid.



Agar bandara baru di Kulon Progo lekas selesai, lanjut Tauchid, pihaknya akan terus menambah pekerja di lokasi. Menurutnya, saat ini baru sekitar 2 ribuan pekerja yang terserap di project NYIA.

"Terus nambah (pekerjanya). Sekarang itu sudah 2 ribuan lebih pekerjanya yang terserap di project. Tapi targetnya di akhir bulan (tahun) ini bisa sampai sekitar 5 ribu sampai 6 ribu pekerja," ungkapnya.

Saat ditanya progres runway, Tauchid menjelaskan bahwa runway masih dalam proses pengerjaan. "Kalau runwaynya, tanah uruknya sudah selesai, terus kemudian mulai masuk ke lapis struktur pondasinya," ungkapnya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT AP I, Devi Suradji melanjutkan, pembangunan NYIA merupakan proyek strategis pemerintah dalam membangun kantong ekonomi baru. Dia menjamin keberadaan NYIA tidak akan menutup operasional bandara lama.

"Saya bisa confrim pagi ini bahwa kedua bandara itu tetap buka. Kulon Progo (NYIA) buka, (Bandara) Adisutjipto buka. Jadi tidak ada bandara yang satu dibuka yang atau ditutup," pungkas Devi.




Tonton juga 'Sayap Lion Air Senggol Tiang di Bandara Bengkulu':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com