Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo Uji Coba Tol Laut

M Rofiq - detikFinance
Rabu, 14 Nov 2018 12:20 WIB
Foto: M Rofiq
Probolinggo - Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo segera memaksimalkan penggunaan tol laut. Hal ini seiring dengan program pemerintah pusat mempermudah pendistribusian barang antar pulau yang dilakukan hari ini, Rabu (14/11/2018).

Hal itu terlihat dari kedatangan Kapal Logistik Nusantara 1 dengan berat 7.738 Grosstone (GT). Kapal ini, pertama kalinya bersandar di Pelabuhan Probolinggo. Sebelumnya kapal peti kemas itu sudah terlebih dahulu bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal yang merupakan kapal pilihan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ini berfungsi sebagai kapal pengangkut peti kemas, dengan jalur rute Probolinggo-Makassar-Bitung-Tahuna.

Dengan menggunakan kapal ini, maka waktu pelayaran akan lebih singkat. Waktu perjalanan akan terpangkas hingga 14 hari.


Koordinator Pelni Probolinggo, Edi Rudy mengatakan, jika kapasitas kapal mampu membawa 9 kontainer kosong. Akan tetapi secara keseluruhan, juga bisa membawa ratusan kontainer.

"Kapal ini masih pengenalan, nantinya bisa digunakan untuk pengiriman logistik maupun sembako dan lainnya,"ujar Edi.

Lanjut Edi menjelaskan, adanya kapal peti kemas bisa mempermudah rute perjalanan, termasuk biaya. Ke depan keberadaan kapal, akan dipromosikan juga ke sejumlah pengusaha di luar Probolinggo.

Senada disampaikan, Direktur Utama PT Delta Artha Bahari Nusantara, Ahmad Umar. Menurutnya, menggunakan Kapal Logistik Nusantara 1 bisa efisiensi waktu dan biaya.

"Harapan kami, adanya kapal ini bisa dimanfaatkan pengusaha, maupun masyarakat. Ini masih belum beroperasi. Rencananya awal Desember, sudah mulai beroperasi,"terangnya.




Tonton juga 'Terminal Baru Bandara Semarang Mulai Dioperasikan':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)