Laporan dari Tokyo

Menanti 'Taring' MRT Ubah Jakarta Seperti Jepang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 04 Des 2018 06:45 WIB
Menanti Taring MRT Ubah Jakarta Seperti Jepang
Foto: trio hamdani

Beroperasinya MRT Jakarta diharapkan mampu membawa budaya baru yang lebih baik dalam menggunakan transportasi umum di Indonesia. Melalui tagline #UbahJakarta, MRT mengajak masyarakat untuk mulai menyadari pentingnya memiliki etika dalam mengandalkan transportasi umum jika ingin Jakarta mau diubah menjadi lebih baik.

Jepang menjadi negara percontohan yang paling pas untuk ditiru soal etika menggunakan transportasi umum. Negara Matahari Terbit ini menyuguhkan contoh konkrit bagaimana etika menggunakan transportasi umum menjadi pondasi lahirnya suatu sistem transportasi umum yang efisien.

Sekretaris PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengatakan ada banyak perilaku bertransportasi yang bisa ditiru dari negara Jepang. Selain etika dasar menggunakan transportasi umum, ada beberapa etika lainnya yang kemungkinan bisa diterapkan di Indonesia.

"Saya melihat di sini (Jepang) petunjuk, poster, menginformasikan perilaku apa saja yang harus dilakukan oleh penumpang. Bahkan, mereka menggunakan pengumuman, baik audio, maupun visual. Nanti kami sampaikan ke manajemen, disesuaikan lagi dengan perilaku di Indonesia," katanya.

Kontribusi dari masyarakat dianggap memegang peranan besar agar bisa mewujudkan suatu sistem transportasi yang baik dan efisien. Sedangkan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan, MRT akan menggenjot peluang dari bisnis non tiket, meski tak mengesampingkan bisnis tiket kereta sebagai akar bisnis perusahaan.

"Poinnya adalah, kami ingin baik fare box (pendapatan tiket) dan non fare box (pendapatan non tiket) punya kontribusi yang bagus untuk mendukung kelangsungan perusahaan dan modanya bisa bermanfaat bagi masyarakat," kata Hikmat.

Setidaknya ada tiga pihak yang dibutuhkan keterlibatannya agar misi mengubah Jakarta menjadi kota yang lebih baik, di antaranya masyarakat, pemerintah dan media.

Dari masyarakat, ada sejumlah perbaikan perilaku dalam menggunakan transportasi umum yang diharapkan dengan beroperasinya MRT. MRT juga harus menjadi transportasi yang terkoneksi dengan transportasi umum lainnya sehingga sistem transportasi yang diidam-idamkan bisa mengubah Jakarta benar-benar akan terwujud.



(eds/dna)