Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Des 2018 13:28 WIB

Jalan Layang Manahan Solo Diuji Coba 3 Hari Pekan Depan

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
Solo - Pengerjaan jalan layang Manahan, Solo, sudah dalam tahap akhir. Sambil menunggu penyelesaian, Pemkot Surakarta berencana membukanya selama tiga hari untuk uji coba.

Uji coba jalan layang direncanakan mulai Senin, 17 Desember 2018. Meski tidak dibuka untuk umum, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta akan mengerahkan kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus untuk menjajalnya.

"Senin kita uji coba. Nanti rekayasa lalu lintasnya masih disiapkan Dishub," kata Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di sela-sela kegiatan mider projo di Laweyan, Jumat (14/12/2018).

Sehubungan dengan uji coba ini, kontraktor juga diminta segera membersihkan sisa-sisa material di sekitar proyek. Selain itu, jalan-jalan di sekitar proyek akan segera diaspal.


"Kondisi area di kanan kiri jalan layang akan dicek, yang perlu diaspal akan diaspal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Surakarta, Hari Prihatno, mengatakan uji coba dilakukan utamanya terkait lebar jalan. Dengan ini diharapkan jalan layang benar-benar siap difungsikan.

"Rencananya kan kita bagi menjadi tiga lajur, tetapi akan kita cek lagi apakah terlalu sempit. Nanti kita coba dengan kendaraan kecil hingga besar agar benar-benar menggambarkan situasi sebenarnya," ungkap Hari.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com