Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Des 2018 14:48 WIB

Masih Dikaji, Ini Rencana Rute Kereta Kencang JKT-SBY

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi Kereta (Foto: Eduardo Hasian Simorangkir) Ilustrasi Kereta (Foto: Eduardo Hasian Simorangkir)
Jakarta - Proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya hingga kini masih dalam tahap pengkajian oleh pihak Jepang. Kereta ini direncanakan dapat menghubungkan Jakarta-Surabaya hanya dalam waktu 5 jam 35 menit.

Menurut keterangan tertulis yang diterima detikFinance pada Jumat (14/12/2018) kereta kencang ini akan melewati stasiun di empat kota besar untuk naik turun penumpang. Mulai dari Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga akhirnya Surabaya.


Empat stasiun tersebut yaitu Stasiun Manggarai di Jakarta, Stasiun Kejaksaan di Cirebon, Stasiun Tawang di Semarang, dan Stasiun Pasar Turi di Surabaya. Selain itu sepanjang koridor kereta kencang ini juga lewati 25 stasiun operasi.

Stasiun operasi tersebut memiliki rel dengan dua jalur sebanyak 10 stasiun dan rel dengan tiga jalur sebanyak 15 stasiun. Tiga jalur diantaranya digunakan untuk emergency dan sarana pemeliharaan.


Kabar terakhir, menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulkifri, proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya masih menunggu tahap feasibility study (FS). Tahap pengkajian lanjutan ini akan dilakukan di Jepang.



Tonton juga 'Tinjau Kesiapan MRT Rute Bundaran HI - Lebak Bulus, Anies: Nyaman':

[Gambas:Video 20detik]


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com