Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Des 2018 21:03 WIB

Bandara Kulon Progo Beroperasi Sebagian Mulai April 2019

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, optimistis New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo beroperasi pada April 2019, meskipun operasionalnya masih skala terbatas.

"April (beroperasi), tapi sebagian saja untuk (penerbangan) internasional. Supaya penerbangan umrah itu (bisa)," ujar Menhub Budi kepada wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (14/12/2018).


Budi menjelaskan, saat ini progres konstruksi bandara baru di Kulon Progo baru sekitar 20 persen. Pihaknya berharap saat diresmikan nanti konstruksi NYIA sudah mencapai 40 persen.

"(Progres konstruksi) kalau yang overall 20%, kalau bagian yang mau diresmikan itu kira-kira 40%," tuturnya.


Ketika NYIA beroperasi, lanjut Budi, sementara waktu masyarakat bisa memanfaatkan transportasi kereta dari dan menuju bandara. Sebab, kereta yang langsung menuju bandara belum dibangun.

"Kereta bandara (dari dan ke NYIA) untuk 2019 ini pakai kereta yang ada, tapi itupun nanti ditempuh dalam setengah jam. Nanti 2020 baru kereta yang langsung ke bandara," ungkapnya.


"Kalau sementara ini kereta (dari Kota Yogyakarta) berhentinya di (Stasiun) Wojo, habis itu naik bus kira-kira 5 kilometer (ke NYIA)," pungkas Ketua Harian PP Keluarga Alumni UGM (Kagama) ini. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed