Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Des 2018 13:28 WIB

Bakal Diresmikan Jokowi, Tol Wilangan-Kertosono Solusi Atasi Macet

Sugeng Harianto - detikFinance
Foto: Dok. Jasa Marga Foto: Dok. Jasa Marga
Nganjuk - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan ruas tol Wilangan-Kertosono Kamis (20/12/2018). Tol Wilangan-Kertosono dibangun untuk mengatasi kemacetan di Jalur Mengkreng, Bandar, dan Kertosono.

"Iya betul besok akan diresmikan oleh Presiden Jokowi ruas tol Wilangan Kertosono. Alhamdulillah tersambungnya Kertosono Wilangan insyaallah Mengkreng, Bandar dan Kertosono tidak macet lagi," terang Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta kepada detikcom Rabu (19/12/2018).


Ruas tol Wilangan Kertosono sepanjang 38,7 Km itu kata Dewa bisa dilalui oleh pemudik saat Natal dan Tahun Baru 2019. Pemudik, lanjut Dewa, tidak perlu melewati jalur arteri persimpangan Mengkreng yang sering macet.

"Jadi persimpangan Mengkreng yang sering macet diharapkan tidak ada kemacetan setelah dibukanya ruas tol Wilangan Kertosono," harapnya.


Dewa menjelaskan persimpangan Mengkreng yang merupakan pertemuan antara jalur arteri dari Kediri dan Nganjuk sering terjadi kemacetan. Penumpukan kendaraan terjadi baik dari arah Nganjuk maupun arah Surabaya mulai Bandar.

"Biasanya macet luar biasa bisa satu hingga dua jam untuk keluar dari Mengkreng biasanya saya alami sendiri kemarin," tutur Dewa.

Dari data yang dihimpun detikcom, besok presiden Jokowi akan meresmikan tersambungnya ruas tol trans Jawa. Peresmian dilakukan di ruas jalan tol KM 671 masuk wilayah Jombang. Tol Wilangan Kertosono dibawah pengelolaan oleh PT. Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK).


Ruas tol Wilangan Kertosono merupakan bagian dari Tol Solo Ngawi Kertosono sepanjang 178 Km. Dari 178 Km tersebut sebagian telah dioperasikan yakni ruas tol Ngawi Wilangan serta Solo Sragen.

Sebelumnya diberitakan bahwa awal tahun 2019 ruas tol Wilangan Kertosono dioperasikan mulai libur Natal dan Tahun baru dan masih berstatus fungsional.




Tonton juga 'Tol Sragen-Ngawi Diresmikan, Akhir Tahun Jakarta-Surabaya Sambung':

[Gambas:Video 20detik]


(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed