Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Des 2018 21:47 WIB

Tersambung Tol, Probolinggo-Banyuwangi Cuma 2 Jam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol/Foto: Angling Adhitya Purbaya Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol/Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Lanjutan proyek Tol Trans Jawa mulai dibangun tahun depan. Hingga kini, proyek tol se-Pulau Jawa ini menyisakan ruas Probolinggo hingga Banyuwangi.

Ruas terakhir ini akan dibangun sepanjang 185 kilometer (km). Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, jalan tol ini akan menghubungkan Probolinggo ke Banyuwangi dalam waktu dua jam, yang biasanya ditempuh tiga jam.

"Kalau kecepatannya stabil 80 km/jam bisa sekitar dua jam lah. Kalau dari Surabaya sekitar 3,5 jam," ungkap Herry saat dihubungi detikFinance, Selasa (25/12/2018).


Herry juga mengatakan bahwa dengan adanya pembangunan tol ini dapat mempermudah akses ke Banyuwangi. "Daya tarik orang ke Banyuwangi jadinya juga makin tinggi kan kalau ada jalan tol ini," katanya.

Herry pun menjelaskan bahwa keefektifan waktu di jalan tol dapat dimaksimalkan dengan adanya pembangunan infrastruktur yang baik.

"Ya kalau infrastrukturnya baik kan bisa efektif jadinya kan, harusnya bisa 2-3 jam karena fasilitas gak bagus bisa jadi lima jam," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12/2018) kembali meresmikan beberapa ruas tol Trans Jawa. Kini, secara resmi dari Merak menuju Grati telah tersambung jaringan jalan tol dengan panjang 933 km.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed