Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Des 2018 16:38 WIB

Pemerintah Masih Cari Lokasi Baru untuk Pemukiman Korban Tsunami

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini pemerintah masih mencari tempat relokasi pemukiman warga yang terdampak tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu.

"Ini sedang mencari daerahnya mau ditaruh di mana, ada tempat ditunjuk Pemda tapi 20 km dari situ, sangat lama (jarak tempuh)," jelasnya di gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (27/12/3018).

Basuki mengatakan sejumlah pemukiman di Lampung jadi wilayah yang paling terkena dampak tsunami. Sebab, beberapa pemukiman itu terletak hanya 5 meter (m) dari bibir pantai.

"Kalau rumah akan kita bantu bangun tapi harus direlokasi karena cuma 5 m dari pantai rumahnya, betul-betul di bibir pantai. Bahaya. Persis di Krakatau (depannya). Walaupun kita telah bikin tanggul pantai di situ," jelasnya.


Proses relokasi akan menunggu pihak terkait seperti Gubernur dan Bupati. Namun, sebelum itu, puing-puing yang terseret gelombang besar tersebut harus segera dibersihkan.

"Perbaikannya, satu kita menunggu pak gubernur dan bupati, kalau ada daerah relokasi kita akan segera bangun, tapi sekarang saya minta bersihkan semua," terang dia.

Lebih dari itu, Basuki mencatat, berdasarkan data BNPB ada sekitar 600 rumah di Banten dan Lampung yang rusak akibat tsunami tersebut.

"Perbaikannya, satu kita menunggu Pak Gubernur dan Bupati kalau ada daerah relokasi kita akan segera bangun, tapi sekarang saya minta bersihkan semua, sudah dipinggirkan, saya telpon Kepala Balai yang jadi komandannya bawa keluar dari kampung," tuturnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com