Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 03 Jan 2019 10:54 WIB

Ada KA Pangandaran, Kok Cuma Sampai Stasiun Banjar?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
KA Pangandaran/Foto: Dok. BNI KA Pangandaran/Foto: Dok. BNI
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan KA Pangandaran dengan relasi Jakarta-Banjar. Selanjutnya perjalanan menuju Pangandaran menggunakan bus khusus.

VP Public Relation KAI, Agus Komarudin mengatakan sebetulnya sudah ada jalur KA yang menghubungkan Banjar-Pangandaran-Cijulang. Namun, jalur tersebut ditutup pada 1982. Alhasil, pemberhentian terakhir KA Jakarta-Pangandaran berada di Stasiun Banjar.

"Pemberhentian terakhir ke Pangandaran di Stasiun Banjar karena jalur selanjutnya sudah tidak aktif. Jalur KA Banjar-Pangandaran-Cijulang eksisting sudah ada tapi non aktif itu ditutup pemerintah tahun 1982," kata dia kepada detikFinance, Kamis (3/1/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan pemerintah pernah mereaktivasi atau menghidupkan kembali jalur KA menuju Pangandaran. Namun, proyek reaktivasi tersebut hanya sampai Stasiun Banjarsari.

Jalur KA Banjar-Pangandaran-CijulangJalur KA Banjar-Pangandaran-Cijulang Foto: Dok. KAI

Kemudian, proyek tersebut juga terhenti di tengah jalan karena krisis moneter yang melanda Indonesia di tahun 1997.

"Pernah di era pemerintahan Soeharto sempat direaktivasi hanya antara Stasiun Banjar-Banjarsari saja. Tapi terhenti saat krisis moneter 1997," ungkap dia.


Sementara itu, Agus juga mengungkapkan rencana untuk menghidupkan kembali jalur KA menuju Pangandaran. Namun, rencana ini masih dibahas oleh kementerian dan lembaga terkait.

"Ini (rencana reaktivasi jalur Pangandaran) masih progress pembahasan dengan stakeholder terkait Kemenhub, Pemprov Jawa Barat dan kewilayahan," tutup dia.

Jalur KA Banjar-Pangandaran-CijulangJalur KA Banjar-Pangandaran-Cijulang Foto: Dok. KAI




Tonton juga 'Asyik! Jakarta-Pangandaran Kini Bisa Naik Kereta':

[Gambas:Video 20detik]

Ada KA Pangandaran, Kok Cuma Sampai Stasiun Banjar?

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed