Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 03 Jan 2019 16:33 WIB

Tol Cipali Dibangun Pakai Utang Bank, Berapa Bunganya?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: dok. BCA Foto: dok. BCA
Jakarta - Proyek jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dibangun menggunakan pendanaan sindikasi dari 22 bank. Total pinjaman dari 22 sindikasi perbankan itu sebesar Rp 8,8 triliun.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, bunga dari pinjaman itu sebesar 9,7% per tahunnya. BCA sendiri merupakan bank yang memimpin sindikasi tersebut.

"Reference average rate time deposit 3 bulan+ 3,94% dimana saat ini 9,7% pa (per annum/per tahun)" kata Jahja kepada detikFinance, Kamis (3/1/2019).



Acuan bunga tersebut diambil dari rata bunga BCA, Bank Mandiri, serta Bank Panin. "Average time deposit dari BCA, Mandiri, Panin," kata Jahja.

Adapun komitmen pinjaman yang diberikan untuk proyek ini sebesar Rp 8,8 triliun ini memiliki jangka waktu hingga 15 tahun. Pinjaman ini berikan kepada pemegang konsesi Tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Sebelumnya diketahui, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan bahwa Tol Cipali ini dibangun tanpa menggunakan utang. Pernyataannya ini pun kemudian heboh dan disorot banyak pihak.

"Bisa (tanpa utang), saya sudah membangun Cikopo-Palimanan 116 kilometer tanpa utang sama sekali," kata Sandi usai berdialog dengan pelaku UMKM di Foodcourt Urip Sumoharjo, Surabaya, Selasa (1/1/2019) beberapa waktu lalu.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com