Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 14:38 WIB

50% Arus Barang di Tanjung Priok Bisa Dialihkan ke Patimban

Trio Hamdani - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi  Foto: Grandyos Zafna Menhub Budi Karya Sumadi Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pergerakan arus barang ke Tanjung Priok, Jakarta bakal berkurang drastis setelah Pelabuhan Patimban, Jawa Barat selesai dibangun.

Diperkirakan, setengah arus barang yang biasanya ke Tanjung Priok bisa beralih ke Pelabuhan Patimban.

"Pergerakan barang ke Tanjung Priok, 50% akan ke sini (Pelabuhan Patimban)," kata dia dalam kunjungan kerja ke kawasan proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019).


Pelabuhan Patimban dibangun dalam 3 tahap. Tahap pertama yang sedang dibangun diperkirakan akan memiliki kapasitas setara Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapasitas Pelabuhan Patimban tahap pertama dia sebut adalah 7 juta TEUs. Dalam rencana pengembangan jangka panjang, pelabuhan ini mampu dioptimalkan dengan kapasitas hingga 2 kali lipat.

"ini bukan proyek kecil karena untuk tahap pertama sama besar dengan Tanjung Priok, 7 juta TEUs, bisa dikembangkan 2 kali lipat menjadi 14 juta TEUs," sebutnya.


Hadir pula dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia mengatakan, 60% industri yang ada di Indonesia terpusat di Jawa Barat. Hadirnya Pelabuhan Patimban bisa membantu industri tersebut, disamping mengurangi beban di Pelabuhan Tanjung Priok.

"60% industri se-Indonesia kumpul di Jawa Barat karena dekat Jakarta. Kenapa Patimban penting karena Tanjung Priok nggak cukup. Kalau sudah beres kapasitas Patimban setara Tanjung Priok," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed