Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 19:12 WIB

MRT Sediakan Gerbong Khusus Wanita saat Jam Sibuk

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kereta moda raya terpadu (MRT) bakal beroperasi pada Maret 2019 mendatang. Saat beroperasi nanti, setiap rangkaian dari kereta Ratangga; sebutan untuk kereta MRT, bakal dilengkapi satu gerbong khusus untuk wanita.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan kebijakan pemberlakuan gerbong khusus wanita tersebut bakal diterapkan pada saat jam sibuk saja, yakni pagi dan sore hari. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan oleh kereta commuter line.

"Akhirnya diputuskan ada. Tapi hanya pada jam sibuk, pagi dan sore. Tapi belum kita putuskan waktu tepatnya," katanya kepada detikFinance dalam wawancara khusus di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).



Pemberlakuan gerbong khusus wanita dilakukan hanya pada jam sibuk lantaran dari hasil survei yang dilakukan, responden yang memilih tidak perlu disediakan gerbong khusus wanita juga cukup banyak.

"Memang lebih banyak yang memilih perlu tapi 38% menyatakan nggak perlu," katanya.

PT MRT Jakarta sendiri akan mengoperasikan 14 set kereta saat beroperasi Maret 2019 nanti. Setiap set kereta terdiri dari enam gerbong (cars), yang masing-masing bisa diisi hingga 325 penumpang. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed