Ada Bandara Kulon Progo, 3 Juta Turis akan Kunjungi Yogyakarta

ADVERTISEMENT

Ada Bandara Kulon Progo, 3 Juta Turis akan Kunjungi Yogyakarta

Usman Hadi - detikFinance
Selasa, 22 Jan 2019 15:39 WIB
Proyek Bandara Kulon Progo/Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin jika New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo atau Bandara Kulon Progo beroperasi kunjungan turis ke Candi Borobudur akan meningkat. Diperkirakan 3 juta turis akan berkunjung ke Borobudur.

"Saya bayangkan kalau (bandara) Kulon Progo jadi penerbangan internasional, kita bikin jalan dari situ ke Borobudur, Borobudur akan seperti Angkor Wat, akan ada turis 3 juta ke Yogyakarta," jelasnya kepada wartawan di UGM Yogyakarta, Selasa (22/1/2019).


Dijelaskannya, dengan meningkatkan kunjungan turis asing diyakini perekonomian masyarakat akan turut menggeliat. Roda perekonomian terutama di Yogyakarta akan tumbuh, terutama geliat ekonomi warga di sekitar Candi Borobudur.

"Dengan adanya turis yang banyak itu ada penghasilan, ada aktivitas yang luar biasa. Oleh karenanya, kita akan cermati sekali membangun bandara dan infrastruktur ini dalam rangka untuk meningkatkan destinasi yang namanya Borobudur," lanjutnya.


NYIA di Kulon Progo direncanakan mulai beroperasi untuk penerbangan internasional April 2019. Menurut Budi beberapa maskapai akan membuka rute penerbangan ke Kulon Progo, salah satunya Emirates.

"Pasti banyak (maskapai luar yang membuka rute ke NYIA), yang pasti emirates, pasti mau lah," paparnya.

Lalu, bagaimana maskapai dalam negeri? "Oh ya belum lah. Ya yang pasti sih Garuda ya kan, yang pasti Garuda. Karena kita akan buka, kalau bisa selesai April itu adalah penerbangan internasional," pungkas Budi.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT