Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Feb 2019 21:42 WIB

Menhub Targetkan Double-double Track Manggarai Selesai 2020

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan proyek double-double track Manggarai-Cikarang selesai pada tahun 2020. Target itu jauh lebih cepat dibandingkan target semula di tahun 2022.

Budi mengungkapkan, penyebab lamanya pembangunan proyek dikarenakan waktu pengerjaan yang hanya selama 3-4 jam. Hal itu dikarenakan kendala dari jam operasi KRL.

"Akhir 2020 ini (targetnya). Ini percepatan tadinya 2022 ini lambat karena window time cuma 3-4 jam kan mereka (KRL) beroperasi 22 jam," jelas dia di Cakung, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).


Lebih lanjut, dengan target penyelesaian proyek double-double track diharapkan bisa berdampak baik pada tingkat okupansi KA Bandara Soetta. Sebab, pada Maret nanti secara resmi penumpang bisa naik KA Bandara Soetta dari Manggarai.

Kemudian, pada September diharapkan kereta jarak jauh sudah dapat berhenti di stasiun Manggarai.

"Dengan adanya layanan tambahan di Stasiun Manggarai ini diharapkan bisa meningkatkan okupansi KA Bandara. Jadi September nanti kereta luar kota bisa berhenti, naik juga dari Manggarai," ungkap Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto.


Sementara itu, PT Railink sendiri menargetkan penumpang KA bandara sebanyak 1,3 juta sepanjang tahun 2019. Angka ini jauh lebih tinggi dari realisasi di tahun 2018 sebesar 900.000 penumpang.



(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed