Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Feb 2019 16:58 WIB

Tips Aman Berkendara di Tol Trans Jawa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dwi Andayani/ detikcom Foto: Dwi Andayani/ detikcom
Jakarta - Guna mengantisipasi kecelakaan pada jalan tol, Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengimbau masyarakat untuk tetap mempersiapkan diri dan kendaraan apabila mau melewati jalan tol. Khususnya jalan tol Trans Jawa.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengingatkan bahwa Tol Trans Jawa sangat panjang. Karena itu, maka masyarakat harus mempersiapkan diri.

"Bahwa kita ini kan ada tol yang panjang, dari Merak sampai ke Pasuruan 933 kilometer (km). Jadi kita pun harus menyesuaikan dengan kondisi baru ini, kalau mau lewat tol harus mempersiapkan semuanya, kondisi fisik maupun kendaraan," ungkap Endra, saat dihubungi detikFinance, Minggu (17/2/2019).


Dia juga mengingatkan agar masyarakat melakukan kesiapan pada kendaraannya. Salah satunya dengan mengecek kondisi kondisi kendaraan.

"Jalan tolnya panjang jadi karena panjang maka harus kondisi kesiapan kendaraan dan juga kesiapan pengemudi, kondisi kendaraan harus vit dan dicek secara reguler, dari remnya, bannya, anginnya semua harus dicek" tambahnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada para pengemudi agar menjaga perilakunya di jalan tol dan disiplin terhadap aturan lalu lintas. Menurutnya perilaku berkendara yang buruk merupakan salah satu faktor kecelakaan.

"Attitude (perilaku) juga menyesuaikan, tidak perlu tergesa-gesa untuk tiba sampai tujuan. Jangan lupa disiplin dalam patuhi aturan lalu lintas, Insha Allah selamat," ungkap Endra.


Terakhir, Endra pun menjelaskan bahwa kondisi fisik saat melewati tol pun harus diperhatikan. Jangan memaksakan diri apabila lelah, dia menyarankan untuk istirahat tiga jam sekali.

"Tiap tiga jam harus istirahat, agar tidak kelelahan ataupun ngantuk. Kelelahan juga jadi faktor pemicu kecelakaan," kata Endra. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed