Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 17:38 WIB

Darmin Sebut Impor untuk Infrastruktur Tak Boleh Dikurangi, Kenapa?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengtakan impor untuk pembangunan infrastruktur tak boleh dikurangi. Apa alasannya?

Menurut Darmin infrastruktur sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebab, dengan adanya infrastruktur maka pembangunan industri akan ikut bermunculan dan menggerakkan perekonomian.

Hanya saja, pembangunan infrastruktur masih mengandalkan impor. Hal itu dikarenakan tidak adanya industri yang memproduksi bahan baku untuk infrastruktur.

"Selain lama, itu mahal (pembangunan infrastruktur) itu karena impornya banyak. Ada banyak sekali produk yang kita butuhkan tapi nggak dihasilkan jadi perlu impor," kata dia dalam Rakernas Kemendag di Hotel Sangri-La, Jakarta, Selasa (12/3/2019).


Maka dari itu, impor sangat dibutuhkan. Pasalnya, bila tak ada maka perekonomian tak akan berjalan.

"Infrastruktur itu banyak yang kita butuhkan (impornya). Jadi itu bukan hambatan, kalau gitu (ditahan) infrastruktur nggak akan jadi, nggak akan komplit," tegas dia.


Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya defisit transaksi berjalan maka Darmin meminta agar Kemendag terus mendorong ekspor dalam negeri.

"Jadi yang mesti dilakukan adalah dengan mendorong ekspornya. Oleh karena itu memang menjadi relavan bagaimana kah strategi dan apa yang harus diambil langkah untuk mengembangkan ekspor," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed