Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 18:35 WIB

Giliran Bengkulu Dapat 'Hadiah' Proyek Tol

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Dok. PT PP Ilustrasi/Foto: Dok. PT PP
Jakarta - Provinsi Bengkulu segera punya infrastruktur baru berupa jalan bebas hambatan alias tol. Tol itu akan membentang di ruas Lubuk Linggau yang ada di Sumatera Selatan menuju Bengkulu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk membangun jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu. Tol yang membentang 95 kilometer (km) tersebut akan jadi jalan bebas hambatan pertama di Bengkulu.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, ruas tol itu merupakan bagian dari Trans Sumatera. Kementerian PUPR sedang mengejar waktu penandatanganan konsesi proyek ini.

"Yang mau kita kejar dalam waktu dekat penandatanganan kontrak konsesi, itu untuk Bengkulu-Lubuk Linggau," kata Danang saat ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (13/3/2019).



Danang mengatakan, pihaknya telah menentukan rute yang akan dilewati ruas tol tersebut. Karenanya, bulan ini proses penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) akan dilakukan.

"Maret ini (penandatanganan PPJT), penloknya sudah. Secara prinsip (persiapan pembangunan) sudah selesai," imbuh Danang.

Selain ditugaskan menggarap Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu, PUPR juga akan meminta Hutama Karya membangun 2 ruas tol lain, yakni Tol Indralaya-Muara Enim sepanjang 88 km dan Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 km.

"Kan ada 3 segmen (ruas tol), sebenarnya seluruh segmen bisa kita tandatangani PPJT-nya, tapi yang minta didahulukan Lubuk Linggau-Bengkulu," tutur Danang.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed