Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 16:11 WIB

Ditarget Kelar 2018, 20 Ha Lahan Waduk Sindangheula Belum Bebas

Bahtiar Rivai - detikFinance
Foto: Bahtiar Rifai Foto: Bahtiar Rifa'i
Serang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Waduk Sindangheula di Kabupaten Serang sudah memasuki tahap akhir. Pembangunan fisik bendungan ini telah selesai tinggal pembebasan lahan untuk lokasi genangan bendungan.

"Ini sudah selesai, ada 20 hektare lagi di daerah genangan yang sedang konsinyasi," kata Basuki kepada wartawan di Sindangheula, Serang, Banten, Jumat (15/3/2019).

Lokasi 20 hektare itu, katanya ada persis di lokasi genangan. Area genangan untuk waduk ini melingkupi Kelurahan Sayar, Sindangheula, dan Pancanegara. Saat ini, sedang dilakukan proses konsinyasi untuk pembebasan di pengadilan.

"Ini nanti kita urus di pengadilan," katanya.



Ia mengatakan, Sindangheula akan jadi lokasi wisata baru di tengah wilayah Serang. Lokasinya dekat ke pemukiman dan mudah diakses. Apalagi, jika pembangunan Tol Serang-Panimbang selesai, lokasi-lokasi wisata baru seperti waduk ini mudah dijangkau.

"Pasti akan lebih bisa diakses jadi daerah wisata," katanya.

Sebetulnya, pemerintah pusat menargetkan Sindangheula selesai pada Desember 2018. Proyek ini jadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan dapat menyediakan air baku untuk Serang raya sebesar 800 liter/detik. Selain itu, akan jadi suplai irigasi dan pengendali di dua kawasan.


(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed