Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 12:19 WIB

Dukung Pariwisata, Bandara di Tidore akan Segera Dibangun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Maluku Utara akan menjadi kawasan yang ramai. Hal ini sejalan dengan rencana kegiatan Sail Tidore serta berproduksinya kawasan industri di Weda Bay.

"Tidore akan kedatangan banyak tamu. Maluku Utara akan menjadi tujuan wisata dan industri maju. Pada tahun 2021, saat berlangsungnya Sail Tidore, Weda Bay akan berproduksi. Nickel, stainless steel, lithium, carbon steel. Politeknik yang berkualitas sudah ada," kata Luhut saat berkunjung ke Ternate dalam keterangan tertulis, Minggu (17/3/2019).

"Halmahera Tengah akan menjadi model bagi tempat-tempat lain. Karamba ikan bahkan lapangan terbang baru di pulau Halmahera, banyak yang bisa dikerjakan kalau semuanya disinergikan," sambungnya.



Untuk mendukung hal tersebut, Luhut mengatakan, pemerintah akan membangun bandara di Kepulauan Tidore. Luhut menuturkan, bandara tersebut akan bisa digunakan untuk pesawat ukuran besar.

"Rencana pembanguan lapangan terbang sudah disetujui, mungkin akan bangun sampai 3.000 meter dengan begitu bisa didarati pesawat yang besarnya sampai 7.300 Ini bisa dikerjakan apabila tanahnya sudah beres," katanya.

Luhut juga mengatakan, pemerintah akan membantu daerah dalam hal pembangunan sumber daya manusia. Ia meminta kepada para walikota dan bupati untuk menyerahkan nama siswa yang menonjol sehingga bisa mendapatkan sekolah atau beasiswa.

Selain itu, dia bilang, saat ini banyak investor yang tertarik untuk mengembangkan potensi di Maluku Utara.

"Beberapa investor sudah datang kepada kami mereka tertarik untuk membantu kita mengembangkan potensi alam yang sustainable. Kami sekarang sedang melakukan pemetaan kira-kira selain kopra, apa saja yang bisa dikembangkan dengan sustainable, mungkin keramba ikan atau komoditi lain yang bisa memberi nilai tambah untuk daerah ini," ujarnya.


Tonton juga video Jokowi Targetkan Bandara Depati Amir Tampung 5 Juta Penumpang:

[Gambas:Video 20detik]


Dukung Pariwisata, Bandara di Tidore akan Segera Dibangun
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed