Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 21:00 WIB

Jokowi Resmikan MRT Jakarta 24 Maret 2019

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pengoperasian kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta pada akhir pekan ini. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengonfirmasi tanggal peresmian pengoperasian MRT Jakarta rencananya 24 Maret 2019 mendatang.

"Sementara demikian," katanya kepada detikFinance, Senin (18/3/2019).

Rencananya, Jokowi akan meresmikan MRT Jakarta di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI). Jadwal peresmian ini sesuai yang diproyeksikan di awal yakni pada rentang tanggal 24-31 Maret 2019.

Saat ini uji coba publik masih terus berlangsung. Rencananya uji coba publik dilakukan sampai tanggal 24 Maret 2019. Sekretaris Perusahaan PF MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan jika akhirnya tanggal peresmian ditetapkan 24 Maret 2019, maka masyarakat bisa tetap mengikuti uji coba sesuai jadwalnya seperti biasa.


"Kalau 24 sudah ditetapkan, ya sudah jalan seperti yang sudah ditetapkan," katanya.

Sementara itu menjelang diresmikannya pengoperasian MRT Jakarta, penetapan tarif di DPRD DKI Jakarta hingga saat ini masih terus berlangsung. Diketahui pada pekan ini pembahasan akan lebih intens.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengusulkan tarif Rp 10.000 per penumpang untuk MRT Jakarta fase 1 sepanjang 15,7 km. Dengan tarif tersebut, APBD Pemprov DKI harus menggelontorkan subsidi Rp 572 miliar untuk MRT setiap tahunnya.

Adapun masa komersial MRT Jakarta sendiri dijadwalkan dimulai pada 1 April 2019. Artinya kemungkinan MRT Jakarta masih akan bebas tarif alias gratis sebelum tanggal tersebut.

(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed