Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 09:53 WIB

Menhub Cek Proyek Kereta Trans Sulawesi yang Dikritik JK

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Meninjau Proyek KA Trans Sulawesi di Makassar Foto: Eduardo Simorangkir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Meninjau Proyek KA Trans Sulawesi di Makassar Foto: Eduardo Simorangkir
Makassar - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2019). Rencananya, Budi Karya akan meninjau sejumlah proyek infrastruktur perhubungan seperti proyek kereta Trans Sulawesi dan Makassar New Port.

Budi tiba di Bandara Sultan Hasanudin, Makassar pada pukul 09.30 WITA. Selepas mendarat, dia langsung lepas landas menuju Pelabuhan Garongkong dengan menggunakan Helikopter. Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit, heli mendarat di lokasi titik pendaratan heli di Pelabuhan Garongkong.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Dirjen KA Zulfikri. Budi akan meninjau jalur KA lintas Makassar - Parepare.


Proyek kereta Trans Sulawesi sendiri sempat dikritik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) baru-baru ini. Dia mengkritik tidak efisiennya pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi karena terlalu panjang dari Selatan ke Utara.

Menurutnya pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi lebih efektif jika untuk keperluan industri. Angkutan untuk penumpang maupun barang menggunakan moda rel kereta dia bilang hanya cocok di Pulau Jawa.


JK menyadari infrastruktur bisa memperbaiki pergerakan orang, memperbaiki kegiatan ekonomi yang bersandar. Namun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan daerahnya.

"Saya minta, hanya perpendek saja di Sulawesi untuk keperluan industri. Kebutuhan-kebutuhan memperbaiki industri. Kalau barang dan orang tidak akan efisien. Kereta Api hanya efisien di Jawa karena penduduk 160 juta," katanya Selasa (22/1) lalu.


Simak Juga Ketika Jalan Trans Sulawesi Lumpuh Akibat Banjir di Maros:

[Gambas:Video 20detik]

Menhub Cek Proyek Kereta Trans Sulawesi yang Dikritik JK
(eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed