Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 15:41 WIB

China Pamer Monorel Gantung di Kemayoran

put - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Perusahaan asal China, China Railway Rolling Stock Corporation hari ini ikut memamerkan produknya di RailwayTech Indonesia 2019, Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Lantas, seperti apa penampakannya?

Dipantau detikFinance, bentuk kereta sama seperti kereta pada umumnya. Hanya saja, rel kereta berada di atas sehingga kereta dibuat menggantung.

Menurut Sales Manager CRRC Sarah, kereta gantung tersebut bernama Suspended Monorail Vehicle. Adapun kereta ini memiliki keunggulan lebih cepat dibanding kereta lainnya lainnya.


"Ini lebih cepat dari yang lain, bisa 80 kilometer (km) per jam. Kalau biasanya cuma 65 km per jam," kata dia kepada detikFinance, Rabu (20/3/2019).

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan biaya pembangunan kereta ini juga lebih murah dibanding light rail transit (LRT). Pasalnya tidak dibutuhkan banyak ruang untuk pembangunan.

"Pembangunannya lebih murah daripada LRT. Kan biasanya pembangunan di bawah ngambil lahan, sekarang di atas jadi bawah tetap bisa ada jalan," tuturnya.


Sementara itu, kereta ini sudah digunakan di kota Kaifeng, Henan, China dengan kapasitas per gerbong mencapai 200 orang.

"Ini sudah digunakan di Kaifeng, provinsi Henan, China. Untuk beban kereta, satu gerbong bisa 100-200 orang," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com