Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Mar 2019 19:27 WIB

Membandingkan Tarif MRT RI, Singapura dan Malaysia

ac - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Tarif moda raya terpadu (MRT) di Jakarta sudah diputuskan. Besaran tarif MRT yang menghubungkan Lebak Bulus dengan Bundaran HI ialah Rp 10.000/10 km.

Dengan demikian, secara kasar tarif MRT Jakarta untuk per km ialah sebesar Rp 1.000.

Indonesia sendiri bukan satu-satunya negara yang memiliki MRT. Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sudah mengoperasikan MRT lebih dulu.

Lalu, murah mana MRT yang ada di Indonesia dengan yang ada di Singapura dan Malaysia?

detikFinance membuat sebuah simulasi untuk membandingkan tarif tersebut. Untuk Singapura, tiket standar dari Stasiun Dhoby Ghaut menuju Stasiun Orchard dipatok 1,5 dolar Singapura.

Tarif ini bisa dilihat melalui laman mrt.sg. Di laman terdapat kalkulator tarif yang memudahkan masyarakat untuk menghitung biaya yang dikeluarkan saat memakai MRT.



Sementara, jarak Stasiun Dhoby Ghaut dan Orchard relatif dekat, kira-kira sekitar 1,4 km. Jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan jalan kaki.

Dengan demikian, tarif MRT Singapura sekitar per km 1,07 dolar Singapura atau setara Rp 11.181 (asumsi kurs Rp 10.450) dengan perhitungan biaya dibagi jarak.

Bagaimana dengan Malaysia? Tarif MRT Malaysia bisa dicek di myrapid.com.my. Untuk Stasiun Kajang menuju Stadium Kajang dibandrol untuk uang tunai RM 1,3 dan non tunai RM 1,2.

Jarak antara Stasiun Kajang dan Kajang Stadium sendiri tak terlalu jauh, sekitar 1,5 km. Dengan perhitungan yang sama yakni biaya dibagi jarak, maka per km sebesar RM 0,8 atau setara Rp 2.760 (asumsi kurs Rp 3.450).

Patut diingat, perhitungan di atas hanya simulasi. Simulasi ini diharapkan memberikan gambaran tarif MRT masing-masing negara.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com