Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Mar 2019 10:06 WIB

Nasib Adisutjipto Setelah Bandara Kulon Progo Beroperasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Angkasa Pura I Foto: Dok. Angkasa Pura I
Jakarta - Bandara Kulon Progo/New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi pada April 2019. Bandara tersebut melayani penerbangan internasional yang dialihkan dari Bandara Internasional Adisutjipto.

Nantinya, Bandara Adisutjipto hanya akan melayani penerbangan domestik. Sedangkan Bandara Kulon Progo akan melayani penerbangan internasional.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, jika pembangunan Bandara Kulon Progo sudah selesai 100% tahun ini, maka semua penerbangan akan pindah ke sana. Sedangkan Bandara Adisutjipto akan tetap beroperasi melayani penerbangan jarak pendek.


"Jadi misalnya kan sekarang ada rute Kertajati dari atau mungkin dari Bandung dari Cirebon, dari kota-kota yang terdekat yang menggunakan pesawat propeller, jadi dua sisi tetap kita layani," kata Faik kepada detikFinance di kantornya, Kemayoran, Jakarta seperti ditulis Rabu (27/3/2019).

"Tapi untuk yang domestik secara keseluruhan yang menggunakan pesawat Boeing itu semuanya nanti kita operasikan di Kulon Progo," tambahnya.

Meski demikian, dalam waktu dekat ini Bandara Adisutjipto masih akan melayani penerbangan domestik dan kapasitasnya bisa ditambah karena penerbangan internasional dialihkan melalui Bandara Kulon Progo. Jumlah penerbangan domestik di Bandara Adisutjipto juga bisa ditambah saat mudik Lebaran mendatang.


"Jadi harapannya kalau internasional nggak ada jadi kapasitas di Adisutjipto itu bisa dimanfaatkan untuk yang domestik," tutur Faik.

Pembangunan dan pengoperasian Bandara Kulon Progo bukan tanpa soal, pasalnya penumpang Bandara Adisutjipto sudah melebihi kapasitas seharusnya dari 1,3 juta kini harus melayani 8 juta penumpang per tahunnya.



Tonton juga video Target Kelar April, Bandara Kulon Progo Dikebut Ala Bandung Bondowoso:

[Gambas:Video 20detik]


Nasib Adisutjipto Setelah Bandara Kulon Progo Beroperasi
(ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com