Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Apr 2019 22:05 WIB

Catat! Jadwal Kereta Ini akan Terganggu saat Peralihan ke DDT

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pengoperasian jalur Double Double Track (DDT) alias jalur rel dwi ganda akan dimulai dengan melakukan switchover pada Jumat dini hari. Switchover maksudnya, jalur lama akan dialihkan operasi keretanya ke jalur baru.

Aktivitas switchover pada jalur segmen Jatinegara-Cakung ini akan membawa dampak pada bertambahnya waktu perjalanan kereta api. Jadwal beberapa kereta api pun akan terkena dampak karena proses ini.

"Kami mengimbau kepada masyarakat pengguna kereta untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanan bagi yang akan menggunakan kereta api serta memohon maaf atas ketidaknyamanan sebagai dampak pelaksanaan switchover," ungkap Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Jumardi, di Hotel Sriwijaya, Senin (4/8/2019).


Setidaknya ada beberapa kereta jarak jauh dari arah timur Jawa yang masuk ke Jakarta akan bertambah waktu perjalanannya. Kepala Bidang Operasional DAOP I KAI, Sofyan Hasan menyebutkan beberapa jadwal kereta yang akan terdampak switchover jalur DDT ini.

"Pertama ada KA Kutojaya dari Kutoarjo, masuknya jam 01.00 sekian, kalau itu kemungkinan lolos, kita loloskan. Kemudian KA Jayabaya, ada juga yang riskan itu KA Gopar (Argo Parahiyangan) karena dari Bandung ke Gambir itu jam 02.00 kemudian mungkin di tahan," ungkap Sofyan.

"Kemudian KA Gaya Baru malam dari selatan, KA Senja Utama dari Yogya, sama KA Saunggali dan KA Gumarang," tambahnya.

Untuk kereta api dari Jakarta menuju ke arah timur Jawa menurut Sofyan tidak akan terlalu berpengaruh karena tidak ada jadwal kereta dini hari.

"Pokoknya yang berangkat malam dari timur Jawa yang menuju Jakarta, kemungkinan akan kena dampak. Kalau yang dari Jakarta nggak ada masalah, karena dari Gambir itu (paling malam) jam 23.00-23.20," tutur Sofyan. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed