Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 06:37 WIB

Menanti Operasi LRT Jakarta: Dari Asian Games hingga Lebaran

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Tim 20detik Tim 20detik
Jakarta - Target pengoperasian kereta lintas rel terpadu (LRT) Jakarta yang menyambungkan Kelapa Gading-Velodrome kembali berubah. Setelah terakhir kali ditargetkan beroperasi pada akhir Maret 2019, kini proyek senilai Rp 6,8 triliun tersebut diharapkan bisa beroperasi pada akhir Mei 2019 atau sebelum Lebaran tahun ini.

Bahkan, kereta ringan yang mulai dibangun pada pertengahan 2016 ini awalnya ditargetkan beroperasi pada Asian Games 2018 lalu. Meski sempat mengangkut penumpang pada Agustus 2018 lalu secara selektif, namun nyatanya LRT Jakarta hingga saat ini masih belum melayani masyarakat dan mendapatkan pemasukan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan tampaknya memang tak ingin terburu-buru dalam mengoperasikan kereta yang jalurnya baru terbangun 5,8 km ini. Faktanya sejumlah penyempurnaan menuju pengoperasian saat ini masih terus berlangsung seperti pembangunan jembatan penghubung atau skybridge sebagai dukungan integrasi dengan transJakarta hingga sistem ticketing yang masih terus diuji coba.


Padahal, masa depan trase LRT Jakarta sendiri tak hanya sebatas 5,8 km dari Kelapa Gading menuju Velodrome. Lalu, bagaimana nasib terkini LRT Jakarta? (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com