Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 13:50 WIB

Rute Penerbangan Bandara Husein Dipindah ke Kertajati Mulai 15 Juni

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemindahan sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati bakal direalisasikan 15 Juni 2019. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Uu menilai dipindahkannya sejumlah rute penerbangan ke Kertajati akan membuat bandara tersebut dapat beroperasi secara maksimal.

"Untuk penerbangan yang biasa di Husein mulai tanggal 15 Juni dialihkan ke Kertajati. Jadi Kertajati akan berfungsi maksimal layaknya penerbangan atau pelabuhan-pelabuhan udara yang lainnya," kata dia ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Dia mengatakan, pada tahap awal adalah penerbangan dengan rute luar Pulau Jawa yang dialihkan ke Bandara Kertajati.


"Ya mungkin untuk luar Jawa. Jadi bertahap, luar Jawa dulu," sebutnya.

Dia menjelaskan untuk rute internasional masih akan dilayani di Bandara Husein Sastranegara. Namun secara bertahap akan dievaluasi apakah penerbangan internasional juga akan dipindahkan.

Dia melanjutkan, pihaknya sudah membicarakan hal tersebut bersama maskapai penerbangan.


"Sudah, itu sudah sejak awal ya. Semuanya juga tidak tiba-tiba kan, keputusan ini semuanya diawali dari pembicaraan dan keputusan-keputusan sebelumnya di tingkat bawah," tambahnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan, pemindahan sebagian rute penerbangan tersebut masih dalam pembahasan. Pasalnya, ada beberapa maskapai yang kesulitan untuk penjadwalan penerbangan. Namun realisasinya dimungkinkan setelah lebaran.


"Kemarin sudah dibahas kemungkinan setelah lebaran, karena Menhub mewacanakan ada pemindahan dari Husein, airline agak kesulitan dari sisi scheduling," kata Emil sapaan Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/5/2019). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed