Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 15:05 WIB

Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Beroperasi Awal 2020

Hakim Ghani - detikFinance
Foto: Hakim Ghani/detikcom Foto: Hakim Ghani/detikcom
Garut - Pembongkaran bangunan yang terdampak reaktivasi jalur Kereta api Cibatu-Garut segera rampung. Kereta api di jalur ini diprediksi beroperasi lagi awal 2020.

Sabtu (11/5/2019) siang, jajaran PT KAI dari Daop 2 Bandung mengecek proses pembongkaran bangunan di kawasan Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota, yang nantinya merupakan lokasi Stasiun Garut.

Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung Saridal memimpin langsung proses pengecekan tersebut. Saridal mengatakan, proses pembongkaran bangunan di sepanjang jalur KA Cibatu-Garut sudah rampung 90%.

"Yang jelas, untuk jalur Cibatu-Garut ini sudah bersih. Bangunan sudah 90% dibongkar," ungkap Saridal di lokasi.


Daop 2 Bandung mengerahkan alat berat ke lokasi. Pasalnya, ada sejumlah warga yang tidak membongkar bangunannya sendiri.

Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Beroperasi Awal 2020Foto: Hakim Ghani/detikcom

Proses pembongkaran dilaksanakan hingga Juni 2019. Setelah itu, masuk ke tahap pembersihan lahan dan pembangunan infrastruktur penunjang kereta api.

"Progres pembongkaran sesuai dengan harapan kami. Untuk biaya bongkar untuk masyarakat, sudah kami berikan seluruhnya," katanya.


Saridal mengatakan, KA Cibatu-Garut diprediksi bisa beroperasi lagi untuk pertama kalinya sejak 1980 lalu di awal tahun 2020.

"Kami targetkan awal tahun (2020) sudah bisa jalan. Karena relnya sudah siap," pungkas Saridal. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com