Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 12:16 WIB

Pembangunan Tahap I Pelabuhan Patimban Sudah 25%

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat telah memasuki tahap I, yakni car terminal. Hingga saat ini, pembangunan car terminal telah mencapai 25%.

"Untuk tahap I progress-nya sudah 25%," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Agus H Purnomo, di acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kemenhub dan PLN Tentang Penyediaan Pasokan Listrik di kawasan Patimban, Senin (13/5/2019).

Awalnya, car terminal ini mulai beroperasi di akhir 2019. Namun, Agus mengakui akan terjadi keterlambatan karena terdapat kendala dalam kerja sama pinjaman biaya dengan Jepang.

"Mestinya target tahun ini mau beroperasi car terminal terminal, kawan-kawan masih berjuang untuk itu. Karena, ini uangnya dari JICA dari Jepang," jelas Agus.


"Ini kan uangnya loan jadi banyak hal yang harus diselesaikan dengan Jepang. Kendala-kendala ternyata perlu prosedur, ternyata memang butuh waktu lah surat-menyurat itu," tambahnya.

Namun, rencananya Kemenhub menargetkan akhir tahun 2019 ini car terminal tersebut beroperasi sebagian.

"Kita akan berusaha sebagian car terminal akan siap tahun ini. Sebagian, bukan semuanya. Progress-nya sudah sesuai dengan rencana," tuturnya.


Sedangkan, untuk operasi car terminal Pelabuhan Patimban secara keseluruhan ditargetkan mulai awal tahun 2020. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed