Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 13:45 WIB

Kemenhub Siapkan 350 Ha untuk Sarana Penunjang Pelabuhan Patimban

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi Pembangunan Infrastruktur (Foto: Agung Pambudhy) Ilustrasi Pembangunan Infrastruktur (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Kementerian Perhubungan siapkan lahan seluas 350 hektare (ha) untuk saranan penunjang (backup area) di Pelabuhan Patimban, Jawa Barat.

"Kawan-kawan menyiapkan lahan backup area itu 350 ha. Itu yang di pelabuhan," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Agus H Purnomo, di acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kemenhub dan PLN Tentang Penyediaan Pasokan Listrik di kawasan Patimban, Senin (13/5/2019).

Backup area tersebut disiapkan untuk mendukung efisiensi logistik di Pelabuhan Patimban. Salah satunya sebagai lapangan penumpukan peti kemas, dan kendaraan bermotor yang akan diangkut.


Lalu, untuk pembangunan Pelabuhan Patimban sendiri sudah mencapai 25% untuk tahap I. Tahap I tersebut mencakup pembangunan car terminal.

"Untuk tahap I progress-nya sudah 25%," kata Agus.

Nantinya, Pelabuhan Patimban ini dioperasikan sebagai pemecah rute kapal ferry untuk kegiatan ekspor-impor dan sektor industri di Jawa Barat. Karena, selama ini yang menampungnya hanya Pelabuhan Tanjung Priok.

"Memang planning-nya nanti karena pelabuhan besar yang bisa memecah rute kapal hanya Tanjung Priok," tuturnya.


Sebagai informasi, pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam 3 tahap, yang mana ditargetkan rampung secara keseluruhan pada tahun 2027.

Proyek ini menelan nilai kontrak Paket 1 sebesar Rp 6 triliun. Sedangkan total rencana biaya Paket 1 yang terdiri dari 3 Paket Konstruksi dan 1 Paket Supervisi hampir mencapai Rp 9 triliun. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com