Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 15:00 WIB

Izin Lokasi Kereta ke Bandara Baru DIY akan Terbit Pekan Ini

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara Kulon Progo akan terhubung kereta. Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, mengatakan izin penetapan lokasi (IPL) pembangunan jalur kereta untuk mendukung bandara yang dikenal juga dengan sebutan Yogyakarta International Airport (YIA) ini segera terbit.

"Saya kan harus mengeluarkan IPL dalam waktu minggu-minggu ini. Makanya saya juga konsultasi kepada beliau (Gubernur DIY Sri Sultan HB X), mohon arahan, petunjuk," kata Hasto di Kepatihan, Senin (13/5/2019).

IPL pembangunan jalur kereta api di Kulon Progo, kata Hasto, memang dimaksudkan untuk menunjang Bandara Kulon Progo. Rencananya akan dibangun jalur kereta api baru sekitar 5 kilometer.


"Ini IPL untuk jalur kereta api ke bandara (YIA). Panjangnya 5 kilometer dengan luas lahan sekitar 15 hektare lah, 15 sampai 20 hektare," paparnya.

Hasto mengatakan, pembangunan jalur kereta api ini akan disertai pembebasan lahan. Anggaran pembangunannya akan ditanggung PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Saya kira bisa dari KAI ya (anggarannya). Semestinya nanti dari KAI, kalau dulu (YIA) dari AP I, kalau sekarang (pembangunan jalur kereta api baru) dari KAI, sama saja ribetnya," tuturnya.


Menurut Hasto, IPL KA Bandara memang harus segera diterbitkan. Sebab, IPL tersebut dibutuhkan untuk membangun stasiun penunjang seperti Stasiun Kedundang dan jalur kereta api yang baru.

"Kan ini sudah dikerjakan dari tim amdal provinsi. Karena Kabupaten dibantu tim amdal provinsi, kemudian saya tinggal mengeluarkan (IPL) secara resmi. Mudah-mudahan bisa cepat," tutupnya. (ush/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed