Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 13:36 WIB

Mengintip Suasana Masjid Istiqlal yang Sedang Direnovasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merenovasi Masjid Istiqlal. Masjid yang telah berdiri sejak 1978 ini dipugar setelah 41 tahun diresmikan.

Presiden Sukarno menandai pembangunan masjid ini dengan peletakan batu pertama pada 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal merupakan Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Lalu, apa saja yang akan direnovasi?


Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), KH Asep Saepudin mengatakan ada tiga filosofi dalam renovasi kali ini. Mulai dari hubungan umat dengan tuhan, hubungan umat dengan umat, dan hubungan masjid dengan lingkungan sekitar.

"Jadi renovasi ini ada tiga filosofi, Hablum Minallah, dipoles main building tempat salatnya, lalu Hablum Minannas, kita mau bikin orang bisa rekreasi setelah atau sebelum salat, ada juga Hablum Minal Alamin hubungan masjid dengan alam dan lingkungan," ungkap Asep saat berbincang bersama detikFinance di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Asep menuturkan, renovasi akan dibagi menjadi tiga tahap dimulai dari lantai dasar, ruang utama tempat ibadah dan plaza serta basement parkir. Tahap pertama yang paling awal dijalankan, yaitu pemugaran lantai dasar, mulai dari kantor, madrasah, tempat wudu, hingga batas suci pada pintu masuk.

"Ada tiga zona, pertama lantai dasar dulu, ini lagi dibongkar madrasah sama perpustakaan, nanti akan dipugar dibuat ulang ruangannya. Sekarang ya udah dipagar pagar, dibongkar digeser-geser," kata Asep.

Mengintip Suasana Masjid Istiqlal yang Sedang DirenovasiFoto: Herdi Alif Al Hikam

Dari pantauan detikFinance, pengerjaan yang dimulai hari ini fokus pada pembongkaran ruangan madrasah di lantai paling dasar. Terlihat para pekerja melakukan pembongkaran ruangan-ruangan kelas madrasah dan beberapa ruang guru.

Sejauh ini belum ada terlihat bahan-bahan material bangunan yang diletakkan di sekitar lokasi pemugaran. Para pekerja masih fokus untuk membongkar ruangan madrasah dan memindahkan beberapa barang-barang di ruangan tersebut.


Hal ini juga dibenarkan oleh Mohd Isa, Project Manajer Renovasi Masjid Istiqlal, dia menegaskan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pembongkaran terlebih dahulu.

"Ini paling kami pertama-tama bongkar lantai paling bawah dulu karena ini adalah madrasah fungsinya. Jadi ini pembongkaran kemudian ditata kembali usai pembongkarannya, kita bagusin tata listriknya, lampunya, sound system juga dan paling poles marmer-marmernya," ungkap Isa yang juga ditemui detikFinance di Masjid Istiqlal.

Sejauh ini, pengerjaan proyek renovasi masih berfokus pada lantai dasar saja. Selain itu, pagar proyek juga sudah terpasang di sekitar lokasi yang akan direnovasi. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com