Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 14:10 WIB

Usai Direnovasi, Tempat Salat Masjid Istiqlal bakal Lebih Kinclong

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Masjid Istiqlal/Foto: Dikhy Sasra Masjid Istiqlal/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Masjid Istiqlal mulai direnovasi oleh pemerintah. Masjid yang berdiri sejak 1978 ini direnovasi setelah 41 tahun berdiri.

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), KH Asep Saepudin menyebutkan pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mempercantik ruang ibadah utama Masjid Istiqlal.

Dia mengatakan nantinya, tiang-tiang aluminium dan dinding marmer pada ruangan ibadah utama Istiqlal akan dipoles sehingga menjadi kinclong. Selain itu dia juga mengatakan akan ada pemugaran pada mimbar, lalu karpet-karpet yang digunakan sebagai alas salat pun akan diganti.

"Setelah Lebaran baru lantai atas main building tempat salat itu, kita mau memperbagus mihrab mimbar ya, lalu tiang-tiang dan marmer bakal dipoles biar kinclong lah, selama ini kan udah rada kusam," kata Asep saat berbincang dengan detikFinance di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2019).

"Nanti pun karpetnya juga diganti," tambahnya.


Kata Asep yang paling penting adalah, usai direnovasi ruang ibadah utama Masjid Istiqlal akan menjadi lebih terang. Pencahayaan di ruang salat utama Masjid Istiqlal akan ditambah menggunakan lampu dan jendela.

"Paling penting itu kami juga mau bikin ada penambahan cahaya biar ruang ibadah utama lebih terang, mungkin penambahan lampu atau jendela," kata Asep.

"Jadi makin menarik lah pokoknya," tegasnya.


Masjid Istiqlal sendiri merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Dalam renovasi yang dilakukan mulai hari ini, setidaknya pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 465 miliar.

Renovasinya sendiri ditargetkan selesai 10 bulan lagi, alias 300 hari kerja. Kontraktor yang akan melaksanakan pemugaran masjid ini ialah PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan manajemen kontruksi PT Virama Karya (Persero). (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed