Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 14:54 WIB

Demi Dapat 25% Saham BIJB, AP II Rogoh Rp 625 Miliar

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Bandung - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) mendapat suntikan modal dari PT Angkasa Pura II sebesar Rp 625 miliar. Penyertaan modal tersebut dikucurkan secara bertahap selama tiga tahun.

Kesepakatan penyertaan modal tersebut sudah disetujui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dan Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta, Kamis (16/5).

"BIJB akan disuntikan dana sekitar Rp 625 miliar dari AP II mungkin akan dicicil selama 3 tahun sehingga akan membuat cashflow dari BIJB berlangsung dengan lancar," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (17/5/2019).


Menurutnya dana tersebut skemanya akan dikonversi menjadi saham sebesar 25%. Dana tersebut akan digunakan tiga pembiayaan untuk pengembangan BIJB.

"Pertama untuk operasional, kedua bayar utang kepada kontraktor yang sudah bekerja dulu tapi belum dibayar (jumlahnya) ratus-ratus miliar, dan bunga pinjaman bank korporasi," ungkap dia.


Ia menuturkan BIJB melepas 36 persen sahamnya untuk AP II 25 persen dan investor lainnya 11 persen. Sejauh ini, sudah banyak investor yang berminat.

"Kemudian ada sisa saham 11 persen, senilai Rp 200 miliar itu diminati oleh investor mudah-mudahan Agustus beres," ujar Emil. (mud/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com