Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 18:49 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Kapal Ferry Ketiban Untung

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Muhammad Iqbal Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta -
PT ASDP Ferry Indonesia memprediksi kenaikan kendaraan pribadi yang signifikan di musim mudik nanti secara nasional.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menyebutkan bahwa ada dua faktor yang melatarbelakangi peningkatan jumlah kendaraan ini. Dua faktor itu adalah mulai beroperasinya jalan Tol Trans Sumatera dan kurang terjangkaunya harga tiket pesawat.

"Kami perkirakan, volume kendaraan mobil pribadi tahun ini meningkat cukup signifikan. Ada dua faktor ya, jalan tol Trans Sumatera sama tiket pesawat yang masih kurang terjangkau," tutur Ira di Hotel Mercure, Selasa (21/5/2019).

Ira menjelaskan perbaikan kualitas infrastruktur yang terjadi di jalan Tol Trans Sumatera membuat banyak pemudik ingin menjajal tol baru tersebut. Terlebih lagi tiket pesawat dinilai Ira kurang terjangkau.

"Jadi ada perbaikan kualitas infrastruktur ya disana, selain itu kita liat memang tiket pesawat kurang terjangkau, hal tersebut yang jadikan alasan orang mau menyeberang," kata Ira.



Dalam data yang dipaparkan Ira, total jumlah pemudik Angkutan Lebaran dengan penyeberangan laut diprediksi mencapai 4,67 juta orang atau naik 4,8% dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 4,45 juta orang.

Jumlah kendaraan roda 2 juga mencapai 479.793 unit atau naik 4,6% dibandingkan tahun lalu 458.793 unit. Lalu roda 4 mencapai 631.674 unit atau naik 10,5% dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 571.849 unit.

Ira menjelaskan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera masih tetap akan menjadi lintasan tersibuk selama periode Angkutan Lebaran 2019. Prediksi beban puncak dari Merak terjadi pada H-4 dan H-3 sebanyak 33.000 unit kendaraan.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed