Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 16:57 WIB

Mudik Lewat Tol, Jangan Bolak-balik Isi Uang Elektronik!

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ Foto: Dok. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/
Jakarta - Para pemudik diminta untuk mengisi uang elektronik sekaligus hingga Rp 2 juta. Dengan saldo maksimal di uang elektronik tersebut, pemudik tidak perlu bolak-balik mengisi saldo di sejumlah titik.

"E-toll maksimal Rp 2 juta tinggalkan isi Rp 100.000. Rp 2 juta bolak-balik Jakarta-Surabaya, Jakarta-Probolinggo cukup. Tinggalkan kebiasaan isinya pendek-pendek, kecil-kecil," kata Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol (ATI) Desi Arryani dalam konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Kurangnya saldo uang elektronik saat melakukan tap out di pintu keluar tol menyebabkan kepadatan yang semakin mengular. Oleh karena itu, pemudik diminta menyiapkan saldo uang elektronik secara penuh.

"Kalau kekurangan saldo memberikan kontribusi ke kemacetan," ujar Desi.


Pengendara juga diimbau untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraannya sebelum memulai perjalanan. Pasalnya, tempat istirahat di jalan tol umumnya penuh saat arus mudik.

"Bahwa rest area-rest area walau ada SPBU kami juga imbau isi SPBU penuh sebelum berangkat karena derasnya arus kendaraan itu luar biasa," tutur Desi.

Pemudik juga diminta untuk tidak memaksa masuk tempat istirahat jika sudah penuh. Jika dipaksakan dengan berhenti di luar tempat istirahat maka akan menimbulkan kepadatan.

"Kalau rest area tutup jangan dipaksa karena penuh," ujar Desi.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com