Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 10:30 WIB

Menjajal Sensasi Mudik Pakai Sleeper Train Rasa Pesawat

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Kereta tidur atau sleeper train mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Sejak tahun 2018 PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengoperasikan kereta jenis ini dengan rute Jakarta-Surabaya.

Kereta tidur pertamanya ini didesain dengan kursi yang mampu direbahkan hingga 180 derajat. Namun, kali ini KAI meluncurkan kereta tidur jenis terbaru bernama Luxury 2.

Kereta ini diklaim memiliki fasilitas yang lebih baik daripada pendahulunya. Walaupun kursi hanya mampu direbahkan hingga 140 derajat tetapi tidak memakan ruang yang lebih besar karena kursi didesain lebih sederhana.

Dalam satu gerbong saja bisa terdapat 26 kursi tidur. Sebelumnya, dalam satu gerbong set kereta tidur hanya mampu menampung 18 penumpang.

Penasaran, detikFinance berkesempatan menjajal kereta tidur dari Stasiun Gambir di Jakarta menuju Yogyakarta dalam peluncuran perdana Luxury 2 rangkaian Argo Lawu, Minggu (26/5/2019).



Memasuki gerbong kereta tidur, penumpang akan langsung menjumpai kursi berwarna biru yang bentuknya menyerupai kapsul. Terdapat juga fasilitas layar interaktif di depan kursi tersebut.

Jarak antara kursi satu dengan yang lain mencapai 1,5 meter. Hal ini tentu membuat penumpang nyaman beraktivitas, baik merebahkan badan atau menyelonjorkan kaki.

Sleeper Train Luxury 2Sleeper Train Luxury 2 Foto: Puti Aini Yasmin


Namun, bagi penumpang yang ingin menggunakan layar interaktif tersebut tentu akan merasa kesulitan karena jarak antara kursi duduk dengan layar mencapai 1 meter. Hal ini juga yang dikeluhkan salah satu penumpang, Ambar.

"Gue duduk di sini kesulitan (operasikan layar), agak jauh," kata dia kepada detikFinance di lokasi.

Fasilitas dalam layar interaktif tersebut juga belum beroperasi dengan sempurna. Terdapat kanal film, musik, internet, permainan, rute, tv, makanan dan minuman, serta tujuan turis.

Saat detikFinance mencoba kanal film, terdapat beberapa pilihan yang hanya merupakan trailer atau promosi sepotong film. Kemudian untuk kanal makanan dan minuman, berisikan gambar menu.

Kursi penumpang sendiri berbahan dasar sintetis tetapi nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Ada juga selimut yang makin menambah kenyamanan.

Hanya saja, di dalam gerbong kereta, suara berisik pengoperasian masih terasa jelas dalam perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 8 jam ini.

Sleeper Train Luxury 2Sleeper Train Luxury 2 Foto: Sleeper Train (Puti Aini Yasmin/detikFinance)


KAI sendiri baru meluncurkan kereta tidur untuk tiga rute, yakni Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Malang. Tarifnya sendiri masih promo untuk satu bulan mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 950 ribu.





Tonton juga video Walau Tak Murah, Peminat KA Luxury Sleeper Tak Pernah Sepi:

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed