Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 15:47 WIB

Laporan dari Timor Leste

Bandara Timor Leste Bikinan BUMN RI Diresmikan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance
Timor Leste - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia tak hanya jago kandang, tapi, juga berani ekspansi ke luar negeri.

Salah satunya ialah yang dilakukan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika. Wika menggarap proyek Bandara Internasional Oe-Cusse atau Aeroporto Internacional de Oe-Cusse di Timor Leste.

Bandara Oe-Cusse berada di zona ekonomi eksklusif. Lokasinya, sebelah barat dari Wini, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Proyek ini telah rampung dan diresmikan Presiden Timor Leste, Francisco Guterres, hari ini Sela.sa (18/6/2019). Hadir juga dalam peresmian ini Direktur Utama Wika Tumiyana.



Proyek bandara ini merupakan proyek yang bersejarah bagi Wika. Sebab, proyek ini merupakan proyek yang pertama dikerjakan secara menyeluruh oleh perusahaan konstruksi pelat merah ini. Wika membangun bandara secara keseluruhan mencakup dari sisi air side, land side, peralatan, serta sistem kebandaraannya.

Ada pun lingkup pekerjaannya seperti rehabilitasi bandara eksisting, perpanjangan landas pacu atau runway dari 1,5 kilometer (km) menjadi 2,5 km, perluasan wilayah bandara untuk dijadikan bandara komersial, pemutakhiran sistem radar dan navigasi, lalu pemuktakhiran sistem dan standar keamanan bandara.

Wika mengerjakan proyek ini sejak tahun 2015 dengan masa 690 hari kerja. Adapun nilai proyek ini sebesar US$ 92 juta.



"Kami berharap Aeroporto Internacional de Oe-Cusse jadi katalis sosial ekonomi," kata Tumiyana dalam sambutannya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com