Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 21:40 WIB

Laporan dari Timor Leste

Punya Bandara Karya BUMN RI, Presiden Timor Leste: Untuk Ekonomi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance
Timor Leste - Timor Leste telah memiliki bandara baru bernama Bandara Internasional Oe-Cusse. Bandara ini mulanya bandara perintis yang kemudian dikembangkan. Bandara itu dibangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika.

Presiden Timor Leste Francisco Guterres mengatakan adanya bandara ini akan membuka akses Timor Leste dengan negara-negara tetangga.

"Peresmian bandara hari ini sebagai wujud untuk membuka jalan Timor Leste dan negara tetangga. Dan secara lokal di mana Indonesia tetangga besar Timor Leste," ujarnya di Bandara Internasional Oe-Cusse, Timor Leste, Selasa (18/6/2019).

Khusus Indonesia, dia berharap adanya bandara ini memperkuat hubungan kedua negara.

"Sukses hari ini akan semakin memperkuat persaudaraan antara Timor Leste dan Indonesia," ujarnya.


Lebih lanjut, Bandara Oe-Cusse sendiri dibangun di kawasan ekonomi khusus Zonas Especials de Economia Social de Mercado de Timor Leste (ZEESM TL). Adanya bandara ini diharapkan memacu ekonomi setempat serta mendatangkan investasi.

"Ketika mengembangkan konsep ZEESM ini adalah untuk mengembangkan ekonomi khususnya untuk masyarakat Timor Leste, dan memperkuat ekonomi berkaitan dengan Indonesia," ujarnya.

"Harapan saya adalah sebagai satu daerah yang berbatasan dengan Indonesia ada berbagai jalan menuju Indonesia, bisa melalui darat, udara, laut memperkuat hubungan negara dan membuka peluang investasi ke Timor Leste," sambungnya.

Dia menyebut, Timor Leste memiliki potensi di sektor pariwisata.

"Ada banyak dijadikan tempat wisata, bisa kelautan, banyak hal dikembangkan di Timor Leste yang dijadikan pariwisata," ujarnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed