Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Jun 2019 16:35 WIB

600 Km Jalan Tol Baru akan Dibangun Tahun Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol/Agung Pambudhy Foto: Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol/Agung Pambudhy
Jakarta - Pembangunan infrastruktur masih menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Hal itu ditujukan dengan rencana membangun 500 km jalan baru dan 600 km jalan tol baru di 2020 mendatang.

Rencana itu dibahas dalam rapat panja Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama perwakilan Kementerian PPN/Bappenas hari ini yang membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Prioritas Anggaran Tahun 2020.


Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Kennedy Simanjuntak menjelaskan, konektivitas transportasi jalan yang akan dibangun meliputi jalan non tol dan jalan tol.

"Akan dibangun 500 km jalan baru, serta pembangunan jalan tol baru sepanjang 600 km," kata dia dalam rapat panja di Ruang Rapat Banggar, Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Pemerintah juga akan mendorong pembangunan jalan yang menghubungkan simpul-simpul transportasi seperti pelabuhan dan bandara. Simpul transportasi ini akan dibangun di 7 lokasi.

"Yaitu yang pertama konektivitas transportasi jalan, dengan sasaran terselenggaranya pengembangan jaringan jalan yang mendukung koridor utama dan ke kawasan prioritas akan dibangun 7 simpul transportasi," jelasnya.


Disamping itu, pemerintah juga akan membangun pelabuhan penyeberangan di 6 lokasi. Itu dilakukan untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

"Konektivitas transportasi darat dengan sasaran terselenggaranya pengembangan transportasi untuk mendukung koridor utama dan ke kawasan prioritas nasional melalui pembangunan pelabuhan penyeberangan pada 6 lokasi," tambahnya.


600 Km Jalan Tol Baru akan Dibangun Tahun Depan
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com