Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 14:07 WIB

Mau ke Bandara Kertajati Naik Transportasi Umum? Ini Tarifnya

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma/detikcom Foto: Hendra Kusuma/detikcom
Majalengka - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Kertajati resmi melayani 12 rute domestik yang sebelumnya dioperasikan di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO). Bandara yang berada di Majalengka ini sepi peminat lantaran minimnya akses transportasi umum bagi masyarakat.

Namun, saat ini sudah ada 12 perusahaan transportasi yang siap melayani masyarakat Jawa Barat yang ingin terbang lewat Bandara Kertajati. Sebanyak 12 transportasi itu adalah Damri, Grab, dan 10 perusahaan travel perjalanan atau shuttle bus. Lalu berapa tarifnya?

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance, Majalengka, Senin (1/7/2019). Untuk Damri melayani empat rute dengan tujuan Bandung, Cirebon, Cikarang, dan Kuningan.


Besaran tarif normalnya, tujuan Bandung dikenakan Rp 75.000 per orang, Cirebon Rp 40.000 per orang, Cikarang Rp 60.000 per orang, dan Kuningan Rp 50.000 per orang.

Khusus Damri tujuan Bandung, tanggal 1 Juli-1 Agustus 2019 tidak diberlakukan tarif alias gratis. Sedangkan rute lainnya dikenakan tarif normal dengan catatan jumlah penumpang harus sebanyak 15.

Untuk 10 agen perjalanan, detikFinance mengambil beberapa contoh, yakni Baraya Travel yang menyediakan tujuan Cirebon dengan tarif normal Rp 75.000 per orang, lalu tujuan Kuningan Rp 100.000 per orang.

Sedangkan Cititrans hanya menyediakan perjalanan menuju Bandung dengan tarif normal Rp 125.000 per orang. Saat ini, para travel perjalanan sedang memberlakukan potongan harga alias diskon.


Dengan adanya potongan, perjalanan menggunakan travel ke Bandung menjadi Rp 100.000 per orang, Cirebon Rp 50.000 per orang, dan Kuningan sebesar Rp 75.000 per orang. Perlu catat, masing-masing travel perjalanan tidak membuka banyak rute dengan tujuan bisa diisi satu sama lain oleh travel perjalanan lainnya.

Sebagai contoh, travel Cititrans hanya membuka rute Bandung, agar rute Cirebon, Kuningan bisa diisi oleh travel Baraya.

Sedangkan Grab, pihak pengelola tidak memberlakukan tarif khusus. Dengan begitu tarif yang berlaku normal pada umumnya. Sebagai informasi, ada 20 pengemudi yang sudah terdaftar beroperasi di Bandara Kertajati.



Tonton video Sepinya Bandara Bandung Setelah Penerbangan Dialihkan ke Kertajati:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Lahan di Area Bandara Kertajati Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com