Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 06:46 WIB

Jangan Lupa Cek Rekening, Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kabar gembira untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Setelah dinanti-nanti, gaji ke-13 cair hari ini, Selasa (2/7/2019).

Gaji ke-13 berbeda dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Pemerintah mengalokasikan THR untuk kebutuhan anak sekolah.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti membenarkan pencairan gaji ke-13 dilakukan hari ini. Dia menuturkan, besaran gaji ke-13 ini seperti gaji yang diterima PNS tiap bulannya.

"Ya tunjangan seperti halnya gaji rutin," katanya kepada detikFinance, Senin kemarin (1/7/2019).

Gaji ke-13 tidak hanya diterima PNS aktif, melainkan juga diberikan kepada pensiunan. Nufransa menyebut, anggaran yang disediakan untuk gaji ke-13 baik untuk PNS aktif dan pensiunan sebesar Rp 20 triliun.

"Diperkirakan totalnya adalah kurang lebih Rp 20 triliun, termasuk untuk pensiunan ya," terangnya.

'Bonus' yang diterima PNS tidak hanya dinikmati pada tahun ini saja. Pemerintah melalui Kemenkeu berencana kembali memberikan gaji ke-13 pada tahun depan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menjelaskan, belanja pegawai kementerian lembaga (KL) di 2020 diarahkan untuk mendukung birokrasi yang efisien, melayani dan bebas korupsi. Pemerintah juga akan mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada.


"Dalam tahun berjalan juga mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada dan perubahan kebijakan pensiun. Terus dievaluasi supaya penerimaan pegawai tetap matching," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Untuk kebijakan belanja pegawai 2020 ada 4 poin penting. Pertama peningkatan program reformasi birokrasi di KL. Kedua, kebijakan penerimaan pegawai baru.

Ketiga mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada termasuk gaji ke-13 dan THR untuk PNS. Terakhir mengantisipasi perubahan kebijakan pensiun.

Seperti diketahui, Kemenkeu mengusulkan pagu indikatif anggaran kementerian dan lembaga (K/L) di 2020 sebesar Rp 854 triliun. Angka itu turun dibandingkan anggaran K/L di APBN 2019 sebesar Rp 855,4 triliun.





Simak Video "Gaji TNI Diusulkan Naik, Begini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com