Menteri PUPR Cek Pembangunan Tol Cisumdawu di Jatinangor

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 02 Jul 2019 12:05 WIB
Foto: Trio Hamdani
Sumedang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini mengecek progres pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tol ini bakal menjadi akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandra Kertajati (KJT).

Lokasi pertama yang ditinjau adalah proyek Tol Cisumdawu Fase III di Cileunyi, baru dilanjutkan ke daerah Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang. Basuki beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 11.20 WIB. Rombongan yang mendampingi adalah Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto.

Pantauan detikFinance di lokasi, Selasa (2/7/2019), Basuki melihat bagaimana perkembangan pembangunan proyek di kawasan tersebut.

Berdasarkan yang diagendakan, setelah meninjau Tol Cisumdawu Fase III, rombongan akan menyusuri pembangunan tol seksi 1 dan sebagian seksi 2 serta tunnel.


Setelah meninjau lokasi tersebut, rombongan akan lanjut menuju pembangunan Tol Cisumdawu seksi 3 hingga ke Exit Cimalaka.

Danang Parikesit sebelum pernah menjelaskan, yang akan lebih dulu rampung adalah tol Cisumdawu seksi III Sumedang-Cimalaka.

Saat ini seksi III sudah mencapai progres konstruksi sebesar 59,09%. Ditargetkan tol Cisumdawu seksi III sepanjang 4 km selesai pada September 2019.

"Ini sudah dilaksanakan dan harapan kita kita bisa menyelesaikan bulan September 2019," kata Danang dalam jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019).



Simak Video "Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Segera Selesaikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)