Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 13:55 WIB

Pengelolaan Pelabuhan Oleh BUP Swasta Bisa Ciptakan Daya Saing

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Pelabuhan Marunda/ Foto: Muhammad Idris/Detikcom Pelabuhan Marunda/ Foto: Muhammad Idris/Detikcom
Jakarta - Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menilai kehadiran pelabuhan swasta bisa menciptakan daya saing bagi kelangsungan industri. Hal ini juga bisa berdampak positif bagi pengusaha logistik, contohnya adalah Pelabuhan Marunda yang bisa menjadi pendukung kegiatan Pelabuhan Priok.

"Kalau bicara Marunda atau Priok secara kelas dan status itu berbeda. Priok itu pelabuhan utama, Marunda pengumpul. Marunda ini supporting Pelabuhan Tanjung Priok. Jadi kalaupun terjadi persaingan sehingga terjadi pergeseran kargo atau volume kapal dari Tanjung Priok ke Marunda, perlu ditanyakan kenapa hal itu dapat terjadi. Berarti kan ada sesuatu, yang bergeser kan pengguna pelabuhan dengan adanya pelabuhan,dengan swasta juga ikut masuk artinya kan jadi ada persaingan. Pengusaha bisa pilih saya mau pakai pelabuhan yang mana," kata Ketua Umum ABUPI Aulia Febrial Fatwa, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (2/7/2019).


Ia mengatakan daya saing seperti ini diperlukan dalam bisnis pelabuhan. Hal ini untuk menjaga persaingan bisnis agar tetap sehat. Pengguna jasa yang umumnya adalah perusahaan logistik dapat memilih pelabuhan mana yang paling menguntungkan dan efisien bagi mereka.

"Ini kembali lagi kepada pengguna jasanya. Dia pakai yang mana, harusnya kan ada faktornya bisa dari faktor pelayanan, tarif dan lain-lain. Ini kan bagus. Jadi ada kompetisi yang sehat," jelasnya.


Aulia juga mengapresiasi langkah pemerintah yang akan memberikan pengelolaan Pelabuhan Patimban murni kepada swasta. Menurutnya, sudah saatnya swasta bisa ikut berperan di bidang pelabuhan. Selama ini, kata Aulia, biasanya Badan Usaha Pelabuhan (BUP) tidak mengelola pelabuhan melainkan terminalnya saja. Sehingga, apabila Patimban dikelola oleh swasta secara keseluruhan maka bisa ada daya saing.

"Itu bagus. Memang sudah saatnya Pelabuhan Patimban harus dikelola oleh swasta murni. Badan usaha pelabuhan kan ada dua BUMN dan swasta, dua-duanya harus punya kesempatan dalam mengelola pelabuhan. Nggak bisa swasta saja atau BUMN saja. Harus timbul adanya kompetisi, dari sisi pelayanan, tarif dan lain-lain," terangnya.

Simak Video " Pantai Marunda Penuh Sampah, Anies: Jangan Buang Sampah di Sungai"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com