Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 14:30 WIB

Ke Bandara Kertajati Bisa Lewat Tol Mulai 2020

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Sumedang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) beres 2020. Pihaknya mengejar waktu seiring sibuknya penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati (KJT).

Kata dia kemungkinan tol ini akan selesai secara keseluruhan paling cepat 2021 atau 2022. Mengingat per 1 Juli 2019 Bandara Kertajati resmi melayani 12 rute penerbangan domestik dengan tujuan ke luar Pulau Jawa, otomatis pembangunan tol yang jadi akses ke bandara ini dikebut.

"Seharusnya 2021 atau 2022. Ini kan kita tarik jadi 2020," kata Basuki di sela meninjau pembangunan Tol Cisumdawu, Jawa Barat, Selasa (2/7/2019).

Tol Cisumdawu memang amat ditunggu-tunggu masyarakat yang ingin terbang melalui Bandara Kertajati agar aksesnya lebih mudah.


"Ini kebetulan BIJB sudah mulai beroperasi sehingga akses jalan ke BIJB Kertajati akan lebih ditunggu, akan lebih signifikan sekali manfaatnya untuk pergerakan lalulintasnya," jelasnya.

Berdasarkan kontrak pembangunan Tol Cisumdawu memang sampai 2021. Tapi Basuki tak ingin pembangunannya berlama-lama. Dia ingin tol ini bisa segera digunakan sebagai akses ke bandara.

"Kalau secara kontrak dia selesai 2021. Tapi dengan adanya percepatan pemanfaatan BIJB kita juga harus ikuti itu. Untuk itu kita ingin coba mempercepat ini jadi 2020," tambahnya.



Simak Video "Lahan di Area Bandara Kertajati Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com