Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 18:35 WIB

Bandara Kulon Progo akan Terkoneksi KRL

Usman Hadi - detikFinance
Foto: angkasa pura II Foto: angkasa pura II
Yogyakarta - Bandara Kulon Progo atau Yogyakarta International Airport (YIA) akan terkoneksi dengan kereta rel listrik (KRL). KRL tersebut rencananya akan langsung terhubung dengan terminal YIA.

"Rencana seperti itu (kereta bandara berkosep KRL). KRL itu kan penggeraknya saja pakai listrik," kata Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto di Yogyakarta, Selasa (2/7/2019).

Eko mengatakan, tujuan dibangunnya KRL bandara Kulon Progo yakni untuk memudahkan mobilitas pengakses YIA. Waktu tempuh pengguna jasa bandara juga akan semakin singkat.

"Karena ini nanti (KRL) masuk ke dalam bandara, penumpang langsung (keluar-masuk). Jadi mobilitas penumpang itu lebih cepat, lebih gampang," ungkapnya.


KRL Bandara Kulon Progo merupakan bagian dari rencana pembangunan KRL Yogyakarta-Solo. Kini proyek yang digagas PT KAI tersebut tengah digodok Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Menurut Eko, untuk tahap awal pembangunan KRL Yogyakarta-Solo akan dimulai dari Yogyakarta-Klaten. Setelahnya, PT KAI akan melanjutkan pembangunannya hingga ke Sukoharjo dan Solo.

Namun Eko tidak bisa memastikan kapan pembangunan KRL Yogyakarta-Solo dimulai. Ia beralasan proyek tersebut dipegang langsung oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

"Semuanya (tentang KRL Yogyakarta-Solo) sudah tinggal menunggu pelaksanaan, timeline pastinya saya tidak pegang, ada di teman-teman Dirjen," tuturnya.


"Jadi kalau tanya tempat, tanggal, waktunya (pengerjaan proyek) kami agak kesulitan (menjawab)," sambungnya.

Sementara Direktur Umum PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan sebagian material pembangunan KRL Yogyakarta-Solo sudah tersedia. Namun ia tak tahu kapan material tersebut akan digunakan.

"Kalau pemasangan LAA-nya, listrik aliran atasnya itu yang melakukan adalah Dirjen atau Satker. Jadi kita (dalam proyek KRL Yogyakarta-Solo) sangat tergantung oleh mereka," pungkas Edi.




Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com