Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 06 Jul 2019 16:17 WIB

Genjot Peningkatan Akses demi Ramaikan Bandara Kertajati

Sudirman Wamad - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Majalengka - Sejak 1 Juli lalu Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati melayani 12 penerbangan domestik. Sejak diberlakukan kebijakan itu, jumlah penumpang di BIJB mengalami peningkatan secara signifikan.

"Bandara Kertajati ini harus tergunakan dengan baik dan maksimal. Saya terima kasih dengan Pak Wagub, Pemprov Jabar, AP II , Damri dan lainnya. Sekarang load factor naik dari 50% menjadi 70%," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau BIJB di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, Sabtu (6/7/2019).

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan saat ini pergerakan pesawat di Bandara Kertajati, baik yang datang maupun berangkat mencapai 35 per hari. Ia berharap pergerakan pesawat di BIJB bisa terus meningkat hingga 50 pergerakan per harinya.

"Kita berharap lebih baik, berharap bisa sampai 40 hingga 50 movement per hari," katanya.


Budi Karya juga meminta Pemprov Jabar mempromosikan Bandara Kertajati dan mempermudah aksesnya. Ia berharap adanya promosi bersama untuk BIJB.

"Pemprov harus terdepan mengampanyekan atau promosi, semisal melalui wisata dan lainnya. Semua kampanye bisa disatukan," katanya.

Di tempat yang sama, Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Ibut Astono mengatakan penumpang pesawat mengalami peningkatan sejak dimulainya pemindahan rute 12 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati hingga hari ini.

"Awalnya sekitar 3.300 penumpang, kemudian penumpang terus tumbuh dan pada Jumat kemarin mencapai 4.900 penumpang. Artinya ada peningkatan," katanya.

Ibut mengaku pihaknya terus berupaya untuk menambah rute penerbangan di BIJB.

"Sementara belum ada penambahan. Masih berupaya dengan airline untuk menambah rute baru. Melihat kondisi sekarang bandara ini baru digunakan sekitar 20 persenan, artinya masih sangat menampung dan menambah penumpang," ucap Ibut.

Dengan upaya yang dilakukan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan diharapkan dapat semakin mengoptimalkan Bandara Kertajati yang nantinya akan dinikmati rakyat banyak.

"Dengan semakin meningkatnya load factor tersebut akan mendongkrak ekonomi setempat khususnya daerah Majalengka dan Jawa Barat umumnya. Juga arus Pariwisata akan semakin meningkat," ucap pengamat transportasi ITS Dion Mukardiyo.




Tonton Video Penampakan Sepi di Bandara Internasional Kertajati:

[Gambas:Video 20detik]

Menhub Minta Bantuan Pemprov Agar Bandara Kertajati Kian Ramai


Simak Video "Menhub Minta Tarif Promo Penerbangan Menuju Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com