Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Jul 2019 20:21 WIB

Jalan Brigif Sempit Buat Keluar Tol Desari, Basuki: Masih Temporer

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta - Tol Depok Antasari (Desari) fase IIA yang meghubungkan Brigif Krukut sudah dibuka dan dilewati kendaraan. Alasannya, karena hampir setiap hari jalan Brigif yang sempit sebagai pintu keluar tol mengalami kepadatan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, nantinya akan dilakukan pelebaran jika akses keluar di jalan Brigif yang saat ini bersifat sementara akan dijadikan exit tol, sehingga tidak ada lagi kepada semacam itu.

"Nanti pasti dilebarin. Kalau itu jadi exit tol, pasti ditata lagi," katanya ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (9/7/2019).


Basuki menegaskan kondisi tersebut terjadi bukan dikarenakan kesalahan desain tol. Kondisi tersebut hanya bersifat sementara.

"Oh nggak (kesalahan desain), itu kan mudah-mudahan itu masih temporary kan. Kan nanti akan terus dibablas kan. Itu baru sekarang ini baru bisa dikeluarkan di situ (Krukut)," tambahnya.

Dalam sebuah kesempatan, Project Manager Pembangunan Tol Desari Widajanto mengungkapkan untuk mengatasi kemacetan di gerbang keluar tol Desari yang terletak di Brigif, pihaknya membuka jalan tol Desari sampai Krukut.

"Itu maksudnya sebagai lajur membantu pelayanan kepada pengguna jalan yang keluar dari Brigif dan alami kepadatan, karena jalan di bawah itu sempit. Jadi beda sama uji coba yang sifatnya menyeluruh, ini hanya kebijakan temporary saja," kata Widajanto kepada detikFinance, Senin (8/7/2019).


Widajanto mengatakan memang pembukaan jalur Brigif Krukut hampir setiap hari dilakukan. Biasanya, pembukaan dilakukan setiap jam 4/5 sore.

"Ya kalau situasinya tergambar setiap hari ya, sekitar jam 4 jam 5 terjadi penumpukan kan ya kita buka, kalau lengang kita tutup lagi. Nggak kayak uji coba yang 24 jam dibuka penuh," ungkap Widajanto.

Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com