Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 14:08 WIB

Beton Proyek Tol BORR Ambruk, BPJT Beri Warning Kontraktor

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Antara Foto/Arif Firmansyah. Foto: Antara Foto/Arif Firmansyah.
Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memberi peringatan kepada kontraktor imbas kecelakaan konstruksi pada proyek jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak. BPJT meminta pengawasan ditingkatkan.

Kepala BPJT Danang Parikesit meminta kontraktor maupun badan usaha jalan tol (BUJT) untuk berpedoman pada ketentuan yang ada, misalnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) guna menghindari kecelakaan kerja maupun konstruksi.

"Meminta BUJT dan kontraktor pelaksana untuk segera melakukan penyusunan langkah-langkah pengendalian dan terus berupaya dalam meningkatkan pengawasan pelaksanaan metode kerja dan prosedur K3 yang ada," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Jakarta, Rabu (10/7/2019).



Danang mengatakan, dirinya bersama beberapa anggota BPJT telah berada di lokasi untuk memberi instruksi terkait dampak yang diakibatkan imbas kecelakaan konstruksi tersebut.

Pihaknya juga memerintahkan seluruh BUJT dan kontraktor pelaksana untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5/PRT/M/2014 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.

BPJT, lanjut dia akan lebih mengaktifkan konsultan Pengendali Mutu Independen (PMI) demi memastikan kepatuhan badan usaha dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi.

"Pengawasan internal dari BUJT pada kontraktor pelaksana juga harus terus dilakukan secara lebih ketat dalam pelaksanaan kegiatan konstruksi jalan tol guna menghindari berulangnya kejadian yang serupa," tambahnya.



Simak Video "Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, 2 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed